Pages

7 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Kita sering mendengar kata jahe, ternyata jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, selain selain murah juga mudah didaptkan. Nah berikut dibawah ini 7 Manfaat jahe bagi Kesehatan.

1. Antibakteri
Dalam sebuah metode uji laboratorium, jahe menunjukkan efek antibakteri dan antijamur. Jahe mengandung sejumlah besar anti-oksidan zingerone dan dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oksidasi.

2. Mengatasi Permasalahan Pencernaan
Beberapa masalah yang di alami perut bisa teratasi dengan cara meminum air jahe, seperti perut yang keram, sakit perut saat mau haid berbagai penyakit yang menyerang pencernaan lainnya.

3. Menurunkan kolesterol
Sejumlah studi menunjukkan bahwa konsumsi jahe secara reguler efektif mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikoagulan yang mampu mencegah penggumpalan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang memperlancar aliran darah.

4. Menyehatkan Jantung
Dengan teratur mengkonsumsi jahe dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi resiko terkena penyakit stroke karena pada dasarnya jahe yang di konsumsi secara teratur mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dan akan berdampak pada jantun sehingga lebih sehat.

5. Menghilangkan jerawat
Kupas kulit satu siung jahe berukuran kecil. Bersihkan hingga bagian warna coklatnya mengelupas dan terlihat bagian dalam yang berwarna kuning. Iris jahe hingga ketebalannya sekitar 1/4 inci. Bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air. Aplikasikan jahe yang sudah diris ke seluruh area wajah sambil berikan pijatan perlahan. Putar-putar hingga jahe mengeluarkan cairan berminyak. Berbaringlah dan letakkan jahe di seluruh permukaan wajah. Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas lagi wajah dengan air dan keringkan dengan handuk lembut.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah
Di dalam jahe terdapat kandungan mineral yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi dara, agar sirkulasi darah dalam tubuh pengkonsumsinya bisa berjalan optimal.

7. Sakit gigi
Untuk mengatasi masalah gigi, gosokkan jahe mentah pada gigi yang nyeri, jika perlu ratakan pada seluruh bagian dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit.


0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com