Pages

Jogging Setiap Hari Dapat Membuat Awet Muda

ternyata-jogging-bisa-bikin-tubuh-awet-muda

Jogging merupakan olahraga yang sering dilakukan oleh semua orang ketika akhir pekan tiba, karena olahraga yang satu ini termasuk olahraga yang ringan dan memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita. Selain dapat menjaga kekebalan tubuh, sebuah penelitian mengungkap bahwa jogging juga ternyata dapat membuat seseorang awet muda.
Jogging ini sangat bermanfaat bagi para lansia, sebuah riset yang dilakukan di Humboldt State University dan University of Colorado mengungkapkan kalau seseorang yang berusia lanjut yang rajin berolahraga jogging mereka mempunyai fungsi tubuh yang sama seperti seseorang yang berusia 20 tahunan.
Hasil tersebut didapatkan ketika Peneliti melakukan analisis kepada manula yang berusia 65 tahun ke atas. Sebagian dari mereka sering melakukan jogging setiap harinya, dan yang setengahnya melakukan olahraga lari. Peneliti memaparkan kalau para manula yang sering berolahraga lari minimal 30 menit dalam waktu tiga kali seminggu tidak berpengaruh penurunan fungsi fisik terhadap usia. Akan tetapi, mereka yang sering berjogging sama efisiennya seperti orang berusia 20 tahunan.
Seperti yang dilansir oleh Science Daily (21/11) fakta membuktikan, para lansia bisa berjalan kaki sampai 7-10 % sangat lebih efektif jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak sama sekali melakukan jogging.
Justus Ortega, seorang profesor dari Humboldt State mengungkapkan kalau manula yang selalu melakukan olahraga fisik jogging mereka mempunyai kemampuan fisik lebih bagus dari pada manula yang tidak melalukan olahraga jogging atau pasif, malahan kemampuan mereka sama seperti seseorang yang berusia masih 20 tahunan.
Ketika berusia semakin tua, maka pemakaian energi metabolisme akan semakin meningkat yang menyebabkan manula kesulitan berjalan dan juga akan terasa lebih cepat cape. Riset ini juga mengungkap pemakaian energi metabolisme pada seorang lansia yang rajin berjogging akan tetap dan tidak berubah walaupun usianya semakin tua. Pemakaian energi yang mereka pakai sama seperti remakja berusia 20 tahunan.
Walaupun riset ini belum menemukan yang menjadi penyebab manula yang sering melakukan jogging akan jauh lebih efisien. Akan tetapi, mereka mempercayai kalau hal tersebut sangat berkaitan dengan mitokondria dalam sel. Bahkan Penelitian sebelumnya manyatakan kalau seseorang yang rajin berjogging mempunyai mitokondria lebih sehat bagi otot mereka.
Maka Kesimpulannya, rajin melakukan olahraga dapat membuat tubuh lebih awet muda dalam masalah fungsi dan kebugaran. Maka dari itu, mulailah berjogging dari sekarang sobat.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com