Pages

Manfaat Jalan Kaki Dapat Mencegah Pikun




Di era yang serba teknologi sekarang ini, perkembangan transportasi semakin pesat peredarannya. Oleh karena itu, kebanyakan orang sudah jarang yang namanya jalan kaki entah itu yang berjarak dekat apalagi yang jauh. Padahal banyak sekali manfaat yang kita rasakan ketika berjalan kaki untuk kesehatan tubuh. Salah satunya menguatkan daya ingat ketika kita sudah berusia lanjut seperti yang dilakukan oleh orang Jepang, makanya tak heran orang jepang walaupun usianya sudah lansia tetapi daya ingatnya masih cemerlang.
Sebuah riset yang dilakukan kepada 25 orang dewasa yang memiliki penyakit pikun dengan 39 orang dewasa dengan kondisi daya ingat yang masih tajam, ini dipengaruhi oleh gaya hidup mereka seaktu muda. Seperti yang dilasir oleh healthmeup.com, yakni sebagi berikut.
“Keadaaan lingkungan sangatlah berpengaruh pada seseorang untuk memilih berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan. Mereka merupakan orang yang rajin berjalan kaki entah itu main kerumah tetangga, membeli kebutuhan diwarung, dan juga suka berjalan kaki keliling taman,” ungkap Amber Watts, yang merupakan asisten profesor psikologi dari University of Kansas, Amerika Serikat.

Mengapa Jalan Kaki Bisa Mencegah Pikun ?
Beliau menerangkan mengenai hubungan antara berjalan kaki dengan daya ingat yang tajam. Salah satu alasannya yakni karena ketika kita sedang berjalan kaki secara tidak sadar itu mengurangi tingkat stres yang dapat meningkatkan norepinefrin di otak sehingga seseorang mampu mengontrol stres dalam menangani masalah yang dialaminya. Tak hanya itu saja, jalan kaki juga dapat mengeluarkan hormon endorfin ataupun hormon kebahagiaan. Alhasil dapat membuat otak kita jauh lebih sehat, hati pun terasa bahagia, dan juga tubuh.
Berjalan kaki juga bisa membuat tekanan darah dan sendi turun, yang dapat mengurangi resiko terjadiya penyakit stroke dan juga memiliki manfaat terhadap mental kita. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang kita sempatkan untuk berjalan kaki tiap harinya ditengah kesibukan yang kita jalani, karena manfaatnya bisa langsung terasa jangka pendek maupun jangka panjang.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com