Pages

10 Pulau Terbesar Di Dunia

Definisi pulau adalah sebuah daratan yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang. Pulau sendiri merupakan tempat yang bisa ditinggali bagi makhluk hidup yang tinggal di darat. Dibelahan bumi ini tersebar ribuan pulau - pulau baik yang besar sampai yang kecil. untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 10 pulau terbesar yang ada di dunia dan 3 diantaranya terdapat di indonesia.

1. Pulau Ellesmere
Luas : 196.236 Km²
Wilayah: Kanada


Terletak di daerah Qikiqtaaluk tepat di wilayah Kanada Nuvayut. Masih dianggap bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth karena terletak dalam kepulauan Arktik.

2. Pulau Victoria
Luas : 217.291 Km²
Wilayah: Kanada


Masih terletak di Negara Kanada dan merupakan pulau terbesar kedua di Kanada. Masih berada di kawasan Kepulauan Arktik di Nunayut.

3. Britania Raya
Luas : 219.000 Km²
Wilayah: Inggris


Di pulau ini terdapat tiga negara kesatuan yaitu Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau Britsni terletak di lepas pantai Eropa Barat sebelah barat lautBritania Raya adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat sebelah barat laut.

4. Honshu
Luas : 227.414 Km²
Wilayah: Jepang


Jepang merupakan salah satu negara kepulauan dengan pulau - pula yang tersebar secara vertical. Pulau Honshu sendiri merupakan Pulau terbesar di jepang dan ke tujuh terbesar di dunia. Pulau ini terletak di sebelah selatan Hokaido.

5. Sumatera
Luas : 425.000 Km²
Wilayah: Indonesia


Merupakan pulau keenam terbesar di dunia. terletak di bagian barat Negara Indonesia yang juga terkenal dengan sebutan Pulau Andalas dan Suwarnadwipa yang berarti "Pulau Emas".

6. Pulau Baffin
Luas : 507.451 Km²
Wilayah: Kanada


Merupakan Pulau Terbesar di dunia yang terdapat di Kanada dan merupakan salah satu pulau di kepulauan Arktik wilayah Nunavut. Nama pulau ini diambil dari nama akhir penjelajah Britania, William Bafin.

7. Madagaskar
Luas : 587.041 Km²
Wilayah: Madagaskar


Pulau Madagaskar terletak di Benua Afrika, walaupun secara geologi Madagaskar terletak pada lempeng yang terpisah dari benua afrika. merupakan pulau dengan daratan tua, dengan ciri - ciri tanahnya yang berwarna merah yang menunjukan kondisi tanah yang sudah melapuk.

8. Borneo (Kalimantan)
Luas : 743.330 Km²
Wilayah: Brunei, Indonesia dan Malaysia


Secara Global lebih dikenal dengan nama Pulau Borneo. Pada pulau ini terdapat 3 negara di dalamnya yaitu Indonesia (Kalimantan), Malaysia (Serawak, Sabah), dan Kesultanan Brunei. Terletak di sebelah utara pulau jawa dan disebelah Barat Pulau Sulawesi.

9. Nugini (Papua)
Luas : 890.000 Km²
Wilayah: Papua Nugini dan Indonesia


Terbagi menjadi 2 wilayah, sebelah timur milik indonesia dan sebelah baratnya milik Papua Nugini. di pulau ini terdapat puncak tertinggi di indonesia yaitu puncak jaya wijaya.

10. Greenland
Luas : 2.175.600 Km²
Wilayah: divisi otonomi Denmark


Greenland atau Pulau Hijau terletak di bagian utara Samudra Atlantik dan disebelah barat Laut Kanada. Merupakan Pulau terbesar di dunia dan merupakan wilayah kerajaan dari Denmark.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com