Pages

Cara Menurunkan Demam Secara Alami


Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh diatas normal yaitu diatas 38 derajat celcius. Demam bukan penyakit, demam adalah gejala bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh kita. Batuk, muntah, diare juga bukan penyakit, melainkan gejala. Demam sengaja dibuat oleh tubuh kita sebagai upaya membantu tubuh menyingkirkan infeksi. Pd saat terserang infeksi, maka tentunya tubuh harus membasmi infeksi tsb.

Caranya? Dengan mengerahkan sistem imun. Pasukan komando untuk melawan infeksi adalah sel darah putih dan dalam melaksanakan tugasnya agar efektif dan tepat sasaran, sel darah putih tidak bisa sendirian, diperlukan dukungan banyak pihak termasuk pirogen. Pirogen adalah zat yang menyebabkan demam, jika tubuh terserang virus zat pirogen akan bekerja dengan menimbulkan panas yang akan membunuh virus, karena virus tidak tahan dengan suhu tinggi.

Berikur cara - caranya :
1. Sup Hangat


Banyak orang menganggap sup hangat sebagai obat terbaik untuk orang demam. Keuntungan seperti obat tradisional berasal dari kaldu, yang membuat tubuh terhidrasi dan juga membantu dengan uap. Oleh karena itu mungkin bahwa setiap jenis kaldu panas akan membawa manfaat yang sama.

2. Mengkonsumsi banyak cairan

Sebagai obat pertama dari demam cobalah untuk mengkonsumsi banyak air, jus dan minuman (teh dan rempah-rempah seperti pada umumnya). Cairan mencegah «pengeringan» tenggorokan dan hidung, mereka membantu selaput kelenjar untuk tetap terbuka sehingga mudah dibersihkan.

3. Kompres

Kompres adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan demam. Gunakan air hangat untuk mengkompres, letakan di dahi atau leher atau sekitar ketiak atau seluruh tubuh, jika demamnya sangat tinggi. Jangan gunakan air dingin atau es untuk mengkompres, kompres dengan air dingin memang membuat nyaman, alih-alih membuat suhu tubuh turun, malah membuat semakin naik. Logikanya tubuh akan menaikan suhunya jika lingkungan diluar lebih dingin. Berendam dengan air hangat juga dapat menurunkan demam dan tubuh akan terasa lebih nyaman. Reseptor demam ada diseluruh tubuh, dengan berendam dalam air hangat akan melebarkan pembuluh darah dan aliran darah bertambah lancar sehingga panas dalam tubuh semakin cepat dibuang ke udara. Mengkompres dengan alkohol juga tidak dibenarkan, karena dapat menimbulkan keracunan.

4. Minum obat penurun panas

Pemberian obat penurun panas tujuannya bukan menurunkan panas atau menyembuhkan penyakit melainkan memberi rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit, serta sedikit menormalkan suhu tubuh. Pilihlah obat penurun panas yang paling aman seperti parasetamol, dan gunakan sesuai dengan aturan. Parasetamol adalah obat penurun panas yang paling aman dengan dosis yang tidak berlebihan. Sedangkan ibuprofen dan aspirin tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan pendarahan pada lambung. Mengkonsumsi obat penurun panas yang tidak rasional tidak akan mempercepat turunnya demam, malah dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi organ tubuh yang lain seperti ginjal.

5. Banyak minum Air

Banyak minum adalah obat mujarab mengatasi demam, saat demam tubuh kita akan menjadi dehidrasi, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Banyak minum berfungsi untuk menghapus racun yang dihasilkan oleh sel-sel mati yang meningkatkan kemampuan untuk melawan virus. Panas tubuh akan dikeluarkan melalui air seni atau keringat sehingga badan terasa nyaman dan panas akan turun. Asuplah semua jenis cairan seperti air putih, jus buah, susu, teh, madu, air kelapa hijau, kuah soup juga merupakan cairan yang berkontribusi mempercepat menurunkan demam.

6. Banyak makan buah

Banyak makan buah adalah salah satu cara menurunkan demam, pilihlah buah yang banyak mengandung air seperti jeruk, apel, pir, semangka, melon, belimbing, dll. Buah mengandung banyak vitamin dan gizi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan. Jika sulit menelan atau mulut terasa pahit, jus buah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan cairan yang hilang.

7. Istirahat

Banyak tidur dan istirahat adalah kunci agar demam cepat turun. Dengan beristirahat atau tidur kita memberikan kesempatan kepada tubuh untuk membangun antibodinya dan melawan virus dengan efisien. Terkadang demam membuat kita sulit tidur, usahakanlah untuk mengistirahatkan badan dan tidur dengan baik, ciptakan suasana rumah yang tenang, agar dapat istirahat dengan tenang. Kurangi aktifitas untuk mempercepat penyembuhan dan tinggalkan sejenak pekerjaan agar cepat sembuh. Meskipun olahraga baik untuk kesehatan, namun berolahraga disaat demam bukanlah pilihan yang baik, simpan energi anda untuk melawan virus serta menghindarinya.


0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com