Pages

7 Tips Alami Menjaga Kesehatan Mata


Mata -adalah alat indra kita yang berfungsi untuk melihat. Bola mata memiliki diameter kurang lebih 2,5 cm.Kita memiliki 2 buah mata agar kita dapat melihat benda dengan tiga dimensi dan juga kita dapat menentukan letak suatu benda tanpa mengukurnya.

Mata merupakan alat indra yang terdapat pada manusia. Secara konstan mata menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera dihantarkan ke otak. Maka dari itu jagalah kesehatan mata anda agar tetap sehat, Berikut :

1. Makan banyak buah dan sayur
Wortel kaya akan beta karoten yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu karena beta karoten adalah antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula.

2. Hindari menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal ini bisa menyebabkan kerusakan mata permanen dan ketidaknyamanan pada mata. Jangan pula menggunakan kacamata terlalu lama.

3. Kurangilah penggunaan tetes mata
Memakai obat tetes mata untuk mengatasi masalah mata merah boleh saja, tetapi hanya sesekali saja. bila berlebihan, hal itu jusru akan merusak kesehatan mata.

4. Gunakan mentimun
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mentimun. Aplikasikanlah mentimun untuk mengompres kelopak mata. Taruhlah irisan mentimun yang lembut dan dingin di atas kelopak mata selama lebih kurang 10 menit sebelum Anda tidur di malam hari untuk mencegah mata bengkak.

5. Gunakan kacamata pada saat yang tepat
Pastikanlah untuk menggunakan kacamata atau menggunakan pelindung mata lainnya saat bekerja di sekitar bahan kimia ataupun tempat dengan partikulat udara berbahaya.

6. Janganlah membaca dalam kondisi cahaya redup
Demi menjaga kesehatan mata Anda, hindarilah membaca dalam kondisi cahaya lampu redup yang dapat menyebabkan ketegangan pada mata. bila mata terasa lelah, maka berhentilah untuk sementara waktu serta beristirahatlah. Ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan mata Anda.

7. Memakan Ikan 
Para peneliti dari Kanada mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 mampu mengurangi kadar toksin yang bisa menganggu penglihatan di usia tua. Maka dari itu, sebaiknya Anda perbanyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3.


1 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com